Arboretum
Tidak jauh dari lokasi Danau Tahai, di kawasan “Nyaru Menteng“ terdapat obyek wisata lain yang tidak kalah menariknya yaitu obyek wisata Arboretum yaitu taman hutan percontohan. Merupakan hutan lindung dan langka di tepi Danau Tahai.  Obyek wisata ini berjarak sekitar 29 Km dari pusat Kota Palangka Raya, dan dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat, dengan kondisi jalan beraspal yang masih bagus.
Di lokasi Taman Arboretum ini tumbuh berbagai jenis pepohonan, seperti geronggang, meranti, cemara, madang tampang, mahang, kamisi ( jambu – jambuan, rambangun, kahui ( balangiran ) dan sebagainya. Kawasan ini selain sebagai tempat wisata juga digunakan sebagai obyek penelitian flora. 
Di lokasi Arboretum ini terdapat Klinik Orang Hutan, yaitu tempat pengobatan/perawatan orang hutan yang sakit. Walaupun tidak semua orang bisa masuk ke dalam areal Klinik Orang Hutan ini, namun untuk pengunjung disediakan tempat khusus untuk melihat orang hutan yang relatif sudah sehat.  Hal ini tentu akan menambah daya tarik obyek wisata ini. 

~ oleh theechand pada Agustus 8, 2009.

Tinggalkan komentar